1. Bisnis
  2. Tips Sukses Berbisnis
  3. 5 Karakter Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tahu

5 Karakter Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tahu


By

Updated

Menjadi pengusaha dengan memulai bisnis sendiri adalah impian bagi sebagian besar orang. Mungkin Anda juga salah satunya. Sebelum Anda terjun menjadi boss atas usaha sendiri, ada baiknya Anda mengevaluasi diri terlebih dahulu. Sudahkah Anda memiliki karakter yang diperlukan untuk menjadi pengusaha? Cuma bermodal keberuntungan saja tidak akan membawa bisnis Anda berjalan jauh, karena keberuntungan ada batasnya. Yang perlu diingat, manusia tidaklah diciptakan sama dari Sang Pencipta, sehingga masing-masing individu mempunyai tabiat dan karakter yang berbeda-beda.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha dan sukses, ada beberapa karakteristik sifat dan kebiasaan yang wajib Anda miliki. Mari kita mulai.

Passion

cara memulai bisnis berdasarkan karakter pengusaha dari passion anda

Ian Schneider/Unsplash

Sebelum Anda melangkah menjadi pengusaha, teliti dulu apa bidang yang Anda minati. Menjadi pengusaha tidak berarti Anda sudah sangat ahli di satu bidang. Banyak pengusaha sukses yang memulai usaha yang digelutinya dari hobi dan minat mereka. Kembalilah terlebih dahulu ke diri Anda sendiri dan mulai temukan area di mana passion Anda berada. Passion Anda nantinya akan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan karena passion dapat mencegah Anda menyerah lalu berhenti saat stress dan badai datang.

Kreatif

bagaimana karakter pengusaha yang kreatif dapat membuat anda menjadi sukses sebagai pebisnis atau pengusaha atau entrepreneur

Photo by Alexandru Acea on Unsplash

Menjadi pengusaha di era milenial berarti Anda harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pengusaha lain yang menggeluti bidang yang sama dengan Anda. Dengan kreatifitas yang Anda miliki maka Anda dapat mencari celah dan meracik produk baru yang unik. Saat usaha Anda terdesak, biasanya kreatifitas yang memberikan jalan keluar untuk menyelamatkan usaha yang sedang Anda geluti.

Disiplin

cara mengatur jadwal dan melaksanakan secara disiplin

Photo by Marten Bjork on Unsplash

Tidak bisa tidak, 100% dari semua pengusaha sukses mempunyai karakter yang satu ini. Disiplin akan membuat Anda tetap berada pada jalur yang telah Anda rencanakan dan tidak melenceng daripadanya. Misalkan Anda telah membuat strategi promosi dan penjualan, maka Anda harus disiplin dalam penerapannya agar mendapatkan hasil maksimal. Disiplin juga akan menjaga Anda berjalan langkah demi langkah dengan penuh perhitungan dan menghindarkan Anda dari kesalahan yang tidak perlu.

Tekun

ketekunan selalu membawa keberhasilan, bagi pengusaha kesuksesan merupakan buah dari ketekunan

Photo by Hello I’m Nik on Unsplash

Tidak semua usaha membuahkan hasil manis pada percobaan pertama. Seorang miliuner sekalipun mengalami jatuh bangun berkali-kali dalam usahanya. Tidak terkecuali dengan Anda yang baru saja mulai. Saat usaha pertama Anda gagal, dengan ketekunan maka dapat membuat Anda bangkit kembali dan memulai dari awal. Ketekunan akan membuat Anda tidak mudah menyerah dan tetap bersemangat dalam menghadapi masalah. Karakter pengusaha sukses adalah coba lagi dan lagi hingga berhasil, dan inilah yang menjadi pembeda antara pengusaha biasa dan yang sudah berhasil.

Berani

cara berani dalam bertindak dan mengambil keputusan sebagai pemimpin dalam bisnis, kantor, dan leader

Photo by Christian Lue/Unsplash

Ya, Anda perlu keberanian dalam mengambil keputusan dalam usaha Anda. Bahkan untuk memulai usaha pun Anda memerlukan keberanian, apalagi saat usaha sudah berjalan. Apakah Anda berani untuk memulai usaha di saat sulit seperti sekarang? Apakah Anda berani untuk bersaing dengan pengusaha lain yang lebih mapan? Apakah Anda berani untuk tetap mempertahankan usaha saat order hampir tidak ada? Setiap keputusan yang Anda ambil dalam dunia usaha Anda memerlukan keberanian mulai dari pengambilan keputusan hingga pertanggungjawaban saat keputusan yang Anda ambil itu ternyata salah.

Pengusaha sukses selalu memulai usaha dari dasar sebelum akhirnya tiba di puncak. Saat Anda mulai menapaki tangga bisnis, motivasi terus diri Anda sendiri untuk terus berjalan. 5 karakter penting yang Anda miliki akan sangat berpengaruh dalam situasi usaha yang anda hadapi nanti. Jika Anda yakin sudah memiliki semua karakter ini, mulailah bisnis Anda dan rasakan perbedaannya. 

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang investor saham, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu dasar analisa fundamental saham. Kenali juga investor sukses ternama seperti Lo Kheng Hong dan Warren Buffet dan bagaimana cara mereka memilih saham yang menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat. 

Terima kasih sudah membaca artikel-artikel Radar Investor. Tetap #dirumahaja selagi Covid-19 masih menghantui negara kita. #stayathome, #stayhealthy dan semoga sukses.

Menu