1. Bisnis
  2. Pemimpin & Tokoh Bisnis
  3. Manfaat Memiliki Pemimpin yang Efektif Bagi Perusahaan

Manfaat Memiliki Pemimpin yang Efektif Bagi Perusahaan


By

Updated

Tidak semua orang dapat menjadi seorang pemimpin yang efektif dalam sebuah perusahaan. Beberapa orang harus menyesuaikan diri dan berusaha keras sebelum berhasil dalam tugas ini, sementara yang lainnya dapat menjadi pemimpin yang efektif secara natural. Seorang pemimpin dalam sebuah perusahan adalah seseorang yang mampu merubah berbagai hal sulit menjadi mudah, mendorong karyawan dan kolega untuk tetap positif, memiliki visi dan misi yang jelas, serta memahami cara untuk mencapainya. Pemimpin yang efektif dalam sebuah bisnis juga memiliki karakter yang kuat sebagai pondasi bagi dirinya sendiri.

Beberapa orang terkenal yang memiliki karakter yang kuat dalam bisnis adalah Warren Buffet, Steve Jobs, Bill Gates, Jeff Bezos, Elon Musk, Donald Trump, dan banyak lagi. Namun tidak semua orang memiliki ketenaran seperti mereka, seperti Sam Walton sebagai pendiri Walmart, atau John Edward Warnock dan Chuck Geschke sebagai pendiri Adobe Inc. Begitu juga orang di sekitar kita yang memiliki perusahaan dan bisnis sendiri, yang mampu membuat keputusan bisnis setiap hari.

Dari perusahaan publik ternama hingga pengusaha UMKM kecil-kecilan, kita selalu menemukan satu individu yang membuat keputusan bisnis supaya bisnis terus bergerak maju. Kebanyakan dari pengambil keputusan ini, yang umumnya merupakan pemilik bisnis, CEO, manager, atau direktur, hanyalah orang biasa, di mana saat mereka tidak mengambil keputusan bisnis hanya berada di rumah, hidup dengan tenang bersama keluarganya masing-masing. Jadi, seperti apakah para pemimpin ini? Seorang pemimpin bisnis yang efektif sebenarnya hanya orang seperti saya dan Anda, yang mengambil peran sebagai pemimpin dalam perusahaan kecil ataupun besar, dengan tujuan dan mimpi besar yang ingin dicapai. Mereka yang ingin melihat kemajuan dan perkembangan, mencetak laba bagi perusahaan, dan bangga dengan hasil pekerjaan mereka.

Sebagian pemimpin sebenarnya terpaksa untuk mengambil peran sebagai pemimpin karena situasi dan kondisi di sekitarnya. Contohnya adalah mereka yang menjalankan perusahaan karena kematian orang tua, atau karena direksi sebelumnya mengundurkan diri. Bahkan terkadang mereka mengambil peran sebagai pemimpin dalam sebuah bisnis hanya karena hobi pada suatu hal, yang akhirnya dapat menghasilkan uang, dan kemudian hobi tersebut berkembang lebih jauh menjadi sebuah perusahaan. Apapun alasannya, mereka mengambil tanggung jawab untuk menjadi pemimpin bisnis yang efektif dengan penuh semangat, sementara yang lain melaksanakannya dengan berat hati. Tidak semua orang dilahirkan sebagai pemimpin. Ada yang harus belajar dengan perannya tersebut sementara ada yang memiliki darah pemimpin sejak kecil.

Seorang pemimpin dalam bisnis menatap masa depan dengan tujuan yang sangat jelas dan bekerja keras untuk mencapainya. Sementara pemimpin yang lain menjalankan yang sudah ada dan hanya mempertahankan keadaan yang sudah tercapai.

Apakah semua pemimpin memiliki karisma? Jawabannya adalah ya dan tidak. Beberapa pemimpin memiliki kepribadian yang ramah, tekad yang bulat, mampu mengungkapkan pendapatnya dan berkomunikasi dengan jelas, selalu bersuara di saat yang tepat, dan mengerti cara membentuk dan mempertahankan karyawan setianya. Mereka berhasil dalam berbisnis dan paham betul cara menghadapi berbagai situasi sulit.

Pemimpin yang karismatik memang diperlukan oleh setiap perusahaan, tapi banyak juga pemimpin besar yang tidak memiliki karisma besar, bahkan cenderung membosankan, kutu buku, dan pemalu. Tidak sedikit dari para pemimpin yang terbilang menjengkelkan, keras kepala, kejam, dan susah untuk bekerja sama, tapi mereka memiliki kemampuan luar biasa dalam memecahkan masalah, memotivasi orang di sekelilingnya, dan sukses dalam membuat semuanya berjalan lancar. Seorang pemimpin yang efektif seringkali tercermin melalui sejauh mana dia dapat mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan menjaga para karyawan tetap fokus dan terus berkembang. Seorang pemimpin bisnis yang efektif cakap dalam membuat keputusan yang tepat dengan cepat, dan memiliki kemampuan untuk menciptakan kesempatan baru bagi perusahaan.

Jika sekorang pemimpin bisnis yang efektif dapat menentukan arah yang baik bagi perusahaannya, tetap menjaga perkembangan positif perusahaan dalam berbagai situasi ekonomi, dan memelihara hubungan yang baik dengan seluruh jajaran karyawan dan pemimpin bisnis lainnya, maka perusahaan yang memiliki pemimpin yang demikian dapat dikatakan berada di jalur yang tepat dalam menuju kesuksesan besar.

Menu