1. Investasi
  2. Cryptocurrency
  3. Dogecoin (DOGE) – The Meme Cryptocurrency

Dogecoin (DOGE) – The Meme Cryptocurrency


By

Updated

Apa itu Dogecoin (DOGE)?

DOGE, kode dari Dogecoin, adalah salah satu mata uang kripto yang telah beredar selama kurang lebih 8 tahun. Altcoin yang berlogo anjing Shiba Inu dari Jepang ini awalnya diciptakan hanya untuk lelucon. Tapi di balik ketidakseriusan penciptanya, Dogecoin ternyata dibuat dengan teknologi yang mumpuni. Kemampuan peer-to-peer dengan platform open source yang sama dengan Luckycoin, dan algoritma bernama Scrypt. Baik Luckycoin dan Scrypt digunakan oleh Litecoin. Dogecoin saat ini diperjualbelikan di pasar crypto dengan harga murah dan jumlah supply token yang tidak dibatasi.

Riwayat Perkembangan Dogecoin (DOGE)

Dogecoin diciptakan oleh dua tenaga IT yang masing-masing tinggal di lokasi yang saling berjauhan. Jackson Palmer, yang pada saat itu bekerja sebagai product manager bagi Adobe di Sydney, Australia, menciptakan Dogecoin di tahun 2013 hanya sebagai lelucon sindiran terhadap kehebohan dunia pada cryptocurrency. Jakson Palmer sering dianggap skeptis terhadap blockchain dan cryptocurrency sehingga Dogecoin diciptakan hanya untuk menyindir Bitcoin dan altcoin. Tanpa disangka, ternyata Dogecoin mendapatkan tanggapan baik di media sosial. Akhirnya Jackson membuat website Dogecoin untuk lebih serius mengejek cryptocurrency.

Kabar Dogecoin yang mulai terkenal di media sosial sampai juga ke Billy Markus yang saat itu tinggal di Portland, Oregon, Amerika Serikat. Billy yang saat itu bekerja sebagai pengembang perangkat lunak di IBM memang bermaksud mengembangkan coin sendiri. Yang kurang dari keinginannya itu hanya satu, Billy tidak memahami cara memasarkannya nanti. Saat dia menemukan Dogecoin, Billy mencari Jackson untuk mengajaknya bekerja sama. Dogecoin yang saat itu hanya berupa lelucon tapi terkenal, ingin dikembangkan menjadi mata uang digital yang sebenarnya. Billy yang ahli dalam bahasa pemrograman menggunakan coding dari Luckycoin dan algoritma Scrypt dari Litecoin. Luckycoin sendiri mengacu kepada Litecoin dalam pembuatannya. Keduanya resmi merilis Dogecoin ke publik pada tanggal 6 Desember 2013.

Setelah dilepas ke pasar, Dogecoin ternyata memperoleh banyak penggemar yang setia menyimpan tokennya. Dalam beberapa kali meloncatnya harga cryptocurrency, harga Dogecoin juga ikut naik. Di akhir tahun 2017 dan 2020 Dogecoin mengalami kenaikan harga fantastis yang sayangnya kembali turun setelah beberapa bulan. Jika Anda tertarik untuk memiliki Dogecoin, Anda dapat membeli token Dogecoin di pasar kripto Indonesia seperti Indodax dan Tokocrypto. Mungkin Anda belum sadar jika saat ini Dogecoin telah ditinggalkan oleh salah satu penciptanya. Jakson Palmer telah meninggalkan Dogecoin di tahun 2015, seiring berkembang pesatnya cryptocurrency waktu itu, dengan alasan bahwa Dogecoin sudah tidak sehat dan sering dijadikan sebagai alat scam.

Para penggemar Dogecoin sudah beberapa kali menyaksikan naik turunnya harga DOGE di pasar. Harga DOGE naik sepanjang tahun 2017 tapi mengalami crash di tahun 2018. Setelah belakangan ini sering mendapat endorse oleh pendiri Tesla, Elon Musk, harga DOGE mendapat perhatian publik di seluruh dunia yang membuat harganya meroket ribuan persen dalam hitungan bulan. Saat artikel ini dibuat, tanggal 25 Mei 2021, DOGE diperdagangkan di pasar kripto Indonesia di kisaran harga Rp. 4.905 setelah mengalami kenaikan dan penurunan 15% hanya dalam waktu satu hari.

Tips Jual Beli DOGE

Dogecoin seperti halnya altcoin lain memiliki pergerakan harga yang sangat tergantung kepada pergerakan harga Bitcoin. Bedanya, persentase perubahan harga DOGE bisa jauh melebihi Bitcoin. Yang dapat kami sarankan bagi Anda sebelum membeli:

  • Baca pergerakan harga DOGE dalam 1 minggu ke belakang, dengan berfokus pada 24 jam terakhir. Anda akan mendapatkan gambaran kemana harga akan bergerak.
  • Cari informasi seputar DOGE dan cryptocurrency yang terbaru. Harga DOGE sepenuhnya berasal dari informasi dan mekanisme permintaan dan penawaran.
  • Ingat bahwa trading cryptocurrency sepenuhnya berdasarkan spekulasi saja. Jual beli DOGE juga tidak ada bedanya. Tidak terdapat valuasi yang tepat terhadap harga dasar, nilai intrinsik, ataupun analisa fundamentalnya. Anda memiliki peluang dan risiko besar di saat yang bersamaan.
Menu