1. Bisnis
  2. Finance & Accounting
  3. Rasio Keuangan
  4. Berinvestasi Cermat Dengan Rasio Keuangan

Berinvestasi Cermat Dengan Rasio Keuangan


By

Updated

Kenapa rasio keuangan itu penting?

Saat kita akan menanamkan modal dalam sebuah perusahaan, sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan saat ini dan seperti apa perkembangannya dari tahun ke tahun. Cara cepat bagi seorang investor dalam menentukan kinerja keuangan sebuah perusahaan publik adalah dengan menggunakan rasio keuangan. Dengan metode tersebut, investor dapat menilai secara efektif, mendapatkan gambaran kondisi keuangan perusahaan serta menyimpulkan kinerja bisnis jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

Investor dan manajemen bergantung kepada rasio finansial untuk mendapatkan pemahaman singkat pada likuiditas, efisiensi, profitabilitas bisnis, dan berbagai macam hal lainnya. Setiap rasio keuangan menyasar satu aspek secara khusus dari perusahaan, yang berarti penting bagi para analis untuk menggunakan beberapa rasio finansial sekaligus untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas terhadap kondisi perusahaan yang sedang dianalisa. Perusahaan dengan kondisi keuangan yang sehat akan memiliki rasio yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang sedang menurun performa bisnisnya.

Cara kerja rasio keuangan

Rasio keuangan menggunakan data yang diambil dari laporan keuangan, seperti neraca saldo (balance sheet), laporan laba rugi (income statement), dan laporan arus kas (statement of cash flows) yang kemudian dibandingkan antara satu dengan yang lain. Hasil perbandingan tersebut menghasilkan rasio yang mewakili berbagai aspek penting dari kondisi keuangan sebuah perusahaan. Contoh aspek kunci dari perusahaan antara lain seperti likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan potensi pendapatan.

Terdapat banyak rasio keuangan yang tersedia bagi para analis dan investor untuk menentukan kinerja perusahaan. Beberapa diantaranya yang paling sering digunakan seperti:

Cara menghitung working capital ratio atau rasio modal kerja adalah dengan membagi aset lancar dengan utang lancar yang dimiliki oleh perusahaan. Hasil dari working capital ratio akan menentukan mampu tidaknya perusahaan dalam membayar seluruh utang yang akan segera jatuh tempo.

Cara cepat menghitung rasio ini adalah dengan membagi harga saham beredar perusahaan saat ini dengan laba per lembar saham (earnings per share / EPS). Rasio price-earnings ratio berguna untuk menentukan seberapa tinggi harga per lembar saham yang dibayar investor jika dibandingkan dengan laba yang dihasilkan perusahaan.

Rasio ini dapat dihitung dengan cara membagi laba bersih (net income) dengan total aset yang dimiliki oleh perusahaan. Dari rasio return on assets didapatkan persentase profit yang didapatkan perusahaan berdasarkan jumlah aset yang dimiliki.

Dengan membagi laba bersih (net profit) dengan modal pemegang saham (shareholder’s equity), investor dapat menentukan seberapa tinggi efisiensi manajemen dalam memanfaatkan modal pemilik perusahaan yang telah ditanamkan untuk menjalankan bisnis.

Investor dapat menilai kinerja sebuah perusahaan dengan memperhatikan seberapa efisien manajemen dalam mengelola pengeluaran dalam menghasilkan profit. Dengan memperhatikan laba bersih, penjualan, biaya operasional, utang dan aset, investor dapat menghitung beberapa jenis rasio profitabilitas dan rasio ROA.

Tidak semua perusahaan memiliki model bisnis yang sama karena bedanya bisnis yang dijalankan. Akibatnya, investor juga harus pandai memilih rasio finansial yang tepat untuk digunakan dalam melakukan analisa. Rasio keuangan dalam menilai kinerja sebuah bank tidak dapat diterapkan untuk menilai sebuah perusahaan manufaktur. Namun, analisa keuangan dengan rasio finansial ini akan sangat membantu investor dalam menentukan tinggi rendahnya harga saham perusahaan setelah membandingkannya dengan perusahaan lain. Kelebihan dan kekurangan perusahaan juga dapat terlihat setelah membandingkan rasio yang telah dikalkulasi.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh investor adalah metode pencatatan yang dilakukan oleh perusahaan. Perbedaan metode pencatatan akuntansi akan mempersulit investor untuk membandingkan rasio finansial antar perusahaan.

Jika Anda adalah seorang investor yang lebih menitikberatkan pada fundamental perusahaan, maka rasio finansial adalah cara cepat bagi Anda dalam mengetahui kinerja keuangan perusahaan yang akan Anda beli sahamnya. Anda dapat mengunjungi situs resmi perusahaan untuk mendapatkan laporan keuangan terkini yang telah dirilis ke publik. Jika laporan keuangan belum tersedia di situs perusahaan, Anda dapat mengunjungi situs resmi Bursa Efek Indonesia untuk mendapatkannya. Seluruh perusahaan publik wajib menyerahkan laporan keuangan yang telah diaudit oleh akuntan publik secara berkala kepada BEI, dan laporan keuangan tersebut akan dibagikan dalam situs tersebut.

Kesimpulan

  • Rasio keuangan merupakan instrumen penting dalam menilai kondisi keuangan sebuah perusahaan.
  • Informasi yang dibutuhkan untuk menghitung rasio finansial terdapat dalam laporan keuangan perusahaan.
  • Investor dan analis keuangan menggunakan rasio finansial untuk membandingkan kinerja perusahaan jika dibandingkan dengan kompetitornya.
  • Terdapat beragam rasio keuangan yang dapat digunakan dalam melakukan analisa, di mana pemakaian kombinasi rasio yang tepat sangat tergantung pada tipe dan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.
Menu